Permudah Bentuk Komunitas


Komunikasi dan berkumpul adalah kebutuhan harfiah makhluk sosial seperti manusia. Selain search engine, situs social networking menjadi salah satu halaman yang sering diakses. Yang paling populer adalah Friendster, MySpace, dan Facebook. Kini, ada alternatif membuat jaringan pertemanan dengan Google Friend Connect.

Google Friend Connect bukan situs sosial layaknya Facebook dan Friendster. Namun, fitur itu memungkinkan pengguna memiliki jaringan sosial di situs pribadi seseorang. Ketika membuka web yang mengandung friend connect di dalamnya, kita bisa melihat, mengundang, dan berinteraksi dengan pengguna lain seperti di situs sosial. Jadi, rasanya seperti memiliki situs sosial sendiri.

Pengaplikasiannya pun mudah. Tidak perlu ahli khusus untuk menuliskan jajaran kode program. Pemilik situs cukup sign up ke Google Friend Connect. Lalu, masukkan data pribadi dan URL situs yang akan digunakan bersosialisasi.

Undang seorang teman untuk join sekaligus promosi. Kemudian, dia bisa mengundang teman lain untuk sign in dan berbagi profil dengan banyak orang. Kurang lebih seperti saat kita menggunakan Friendster. Pengguna yang sudah memiliki account di Google akan lebih mudah jadi member.

Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Yang terutama, tentu saja gratis. Namun, untuk saat ini Google belum menjalankan fasilitas tersebut secara penuh. Masih banyak yang ingin disempurnakan. Jika sudah penasaran, buka google.com/friendconnect untuk mencoba preview release-nya.

Tidak ada komentar: