Langgar Hak Cipta, Video Kampanye McCain Diberangus


Washington - Kandidat presiden Amerika Serikat (AS), John McCain sedang berseteru dengan YouTube. Rupanya, situs berbagi video ini menghapus sebagian video kampanye McCain di situsnya terkait pelanggaran hak cipta menurut peraturan Digital Millennium Copyright Act (DMCA).

Tim kampanye McCain pun bereaksi dan mendesak YouTube mempertimbangkan tindakannya tersebut. Namun seperti dilansir Vnunet dan dikutip detikINET, Jumat (17/10/2008), YouTube menolak memberi perlakuan spesial pada calon presiden dari Partai Republik itu.

Pihak YouTube dan tim kampanye McCain saling berdebat mengenai peraturan DCMA yang memungkinkan situs menghapus konten atas permintaan pemilik hak cipta. Uniknya, McCain sendiri dulunya termasuk yang menyetujui aturan DCMA di tahun 1998.

Dihapusnya video kampanye McCain terpaksa dilakukan karena menampilkan konten video klip milik media Fox News. Fox menilai McCain memakai kontennya secara ilegal sehingga meminta klip tersebut dihapus dari internet.

Namun tim kampanye McCain tak menyerah begitu saja. Mereka mengirim surat ke YouTube agar memikirkan ulang penghapusan itu dengan alasan ada aturan dimana individu bisa memakai klip berhak cipta dalam keadaan tertentu, misalnya jika tidak dipakai untuk tujuan komersial.

Akan tetapi YouTube bersikukuh untuk menghapus video kampanye McCain. Mereka menyatakan tetap tidak mau mengistimewakan video kampanye calon presiden AS sekalipun.

Tidak ada komentar: